Boleh dikatakan ini adalah TVC promo Kredivo yang pertama. Awalnya, Kredivo ingin membuat sebuah iklan fun dan heboh dengan promo bisa beli barang tanpa DP dengan cicilan hingga 12 bulan di berbagai merchant e-commerce kesayangan.
Akhirnya, saya dan tim keluar dengan ide “SALEamatan”. Ide ini kemudian diterjemahkan menjadi sebuah storyline yang receh dan fun.
Storyline ini bercerita tentang seorang pemuda yang tampak emosional saat mendatangi sebuah tenda acara (yang terlihat seperti tenda resepsi pernikahan). Antara ragu dan rindu, si pemuda mencoba menerobos masuk ke pintu tenda.
Di depan pintu masuk tenda, pemuda ini menghentikan langkah dan berteriak “Tahan, jangan sampai gue masuk!” Melihat pemuda berteriak emosioanal, dua orang petugas security di depan tenda malah tertawa dan bilang ke pemuda tersebut untuk masuk dan #JanganDitahan.
Ternyata, tenda tersebut bukan tenda pernikahan melainkan tenda SALEamatan Kredivo.
Awalnya, tim Kredivo sempat kuatir video ini akan kurang mendapat respons dari target marketnya yang sebagian besar adalah millennial bergaya hidup modern. Tetapi setelah timbang-timang dan diskusi panjang, akhirnya Kredivo setuju dengan konsep video yang fun dan receh ini. Salah satu pertimbangannya karena di “logika-kreatif”, humor tidak mengenal segmentasi. 🙂
Hal menarik lain dari iklan ini adalah, saya berhasil meyakinkan musisi (dan juga klien) untuk bikin musik dengan ritme hingga 200 BPM, sesuatu yang belum pernah ia lakukan untuk video dengan pace visual normal seperti ini. Biar si musisi lebih yakin, saya pun akhirnya nimbrung untuk bareng bikin notasi musik dan arahan sfx. Hasilnya, musik yang cukup catchy dan bikin klien tertawa geli.